IMG-20181226-WA0114
IMG-20181226-WA0116
IMG-20181226-WA0115

    Pemkot Tangerang Tuntaskan Rumah Tidak Layak Huni

    Dinas Perkim Kota Tangerang, saat menggelar kegiatan pembinaan PHBS terhadap penerima bantuan bedah rumah dan jamban keluarga TA 2018 beberapa waktu lalu.

    TANGERANG – Melalui Program Bedah Rumah, Pemkot Tangerang berupaya untuk menuntaskan rumah tidak layak huni (RTLH) milik masyarakat kurang mampu. Sejak digulirkannya program tersebut pada 2014 lalu hingga akhir 2017, tercatat sebanyak 4.925 rumah warga berhasil direnovasi. 

    Selanjutnya pada 2018, bedah rumah kembali dilanjutkan. Targetnya merehab 1000 RTLH. Bila pada akhir 2018 ini bedah rumah berhasil direalisasikan, maka Program Bedah Rumah yang dilaksanakan pemkot menyentuh angka 5.925 RTLH. 

    Jumlah tersebut melebihi target awal yang jumlahnya 5.000 unit rumah. Walikota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan, Program Bedah Rumah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dalam mendapatkan tempat tinggal yang sehat dan nyaman.

    Suasana pembinaan yang dilaksanakan Dinas Perkim Kota Tangerang. 

    “Program ini merupakan bentuk kepedulian Pemkot Tangerang. Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tangerang 2013 – 2018. Supaya dapat mewujudkan kota layak huni dan menciptakan kenyamanan bagi warga. Salah satunya dengan merenovasi RTLH dan jamban keluarga,” terang Arief. 

    Diharapkan melalui kegiatan ini tambah Arief, setiap tahunnya jumlah rumah tidak layak huni di Kota Tangerang akan terus berkurang. “Bedah rumah tak layak huni serta pembuatan jamban keluarga ini, bertujuan agar warga bisa mendapatkan kehidupan yang layak. 

    “Ini merupakan bagian dari kewajiban kami, untuk memberikan kebutuhan dasar masyarakat,” ungkapnya. Arief juga mengajak warga Kota Tangerang, untuk  bersama-sama mewujudkan Kota Layak Huni. Melalui penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) yang dimulai dari tiap-tiap rumah.

    Untuk menyukseskan program yang digulirkan pemkot tersebut, baru-baru ini Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Tangerang menggelar acara pembinaan PHBS kepada penerima bantuan bedah rumah dan jamban keluarga tahun anggaran 2018.

    Kegiatan yang digelar di aula Kecamatan Tangerang tersebut, dihadiri warga wilayah setempat penerima bantuan Program Bedah Rumah. “Pemkot Tangerang gencar melakukan pembinaan dan merealisasikan program ini hingga tuntas,” tutur Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Dinas Perkim Kota Tangerang, Herman Suherman. 

    Ia menjelaskan, instansinya akan menuntaskan pemugaran rumah tidak layak serta jamban kurang sehat milik warga. Selama kurun waktu 2018 ini kata Herman, program tinggal menyisakan 100 rumah yang belum dibedah. Namun ia mengklaim, akan dapat menuntaskannya hingga akhir tahun ini. (adv)

    Print Friendly, PDF & Email
    IMG-20181126-WA0033
    IMG-20181225-WA0244