IMG-20190816-WA0147
pelantikan-2

    Empat Parpol di Kota Tangerang Bergabung Bentuk Fraksi

    Anggota DPRD Kota Tangerang Anggiat Sitohang

    TANGERANG – Sebanyak empat partai politik (parpol) di Kota Tangerang, bergabung untuk membentuk fraksi. Kempat parpol tersebut yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

    Usai dilaksanakannya pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang periode 2019-2024, maka keempat parpol tersebut langsung membentuk fraksi. Sebab dari 10 parpol  yang lolos ke parlemen, empat diantaranya tidak memenuhi ketentuan,

    Sebab untuk membentuk satu fraksi, dibutuhkan minimal empat kursi legislative. Jadi keempat partai tersebut harus melebur untuk memenuhi kuota tersebut.

    “Bersama dengan PSI, kami sepakat untuk bergabung membentuk fraksi. Tiga kursi dari kami (Nasdem-red) dan satu kursi dari PSI,” ungkap anggota DPRD Kota Tangerang Anggiat Sitohang, Rabu, (4/9).

    Menurut Anggiat, Nasdem dan PSI telah mencapai kesepakatan bersama. Yaitu kepemimpinan pertama akan diketuai oleh Nasdem dalam waktu tertentu atau secara proporsional.

    “Diawal kepemimpinan, Nasdem akan memimpin fraksi sekitar 3 tahun 7 bulan. Sedangkan sisanya, akan dipimpin PSI,” terang politisi asal Partai Nasdem ini.  

    Dikatakan, Fraksi Nadem-PSI akan diketuai oleh Prawoto dari Nasdem. Sedangkan sekretarisnya adalah Theresia Megawati asal PSI. “Saya sendiri menjadi anggota biasa. Ya nanti gentian. Proposional aja,” tutur Anggiat.

    Sementara itu anggota DPRD Kota Tangerang Dedi Hasbullah menerangkan, bila PAN akan bergabung bersama PPP. “Pastinya kami gabung. Tiga kursi dari PAN dan tiga kursi lainnya dari PPP,” kata politisi asal PAN ini. (tam)